Perkembangan
zaman saat ini sudah semakin maju di seluruh dunia, hal ini bisa kita lihat
dengan berkembangnya berbagai macam teknologi terbaru di dalam berbagai macam
aspek baik itu gadget, komputer, peralatan elektronik untuk kebutuhan sehari –
hari dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya teknologi yang saat ini ada di
sekitar kita, semakin mempermudah setiap orang di dalam melakukan berbagai
macam aktivitas pekerjaan. Ada banyak alasan kenapa setiap orang perlu
mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini terjadi di seluruh dunia
khususnya di negara kita sendiri. Berbagai
macam aktivitas pekerjaan hampir seluruhnya telah mengandalkan komputer dan
jaringan internet agar mempermudah setiap aktivitas pekerjaan setiap orang di
dalam melakukan aktivitas bekerja sehari – hari.
Dengan adanya
fenomena di atas, maka RSUD Ngimbang Kabupaten Lamongan memandang hal itu
sebagai potensi yang harus dikembangkan dalam pelayanan kesehatan yang ada.
Adapun peran serta RSUD Ngimbang di era milenial saat ini diwujudkan ke dalam
berbagai macam program layanan inovasi. Tujuan dari beberapa program layanan
inovasi yang disediakan oleh RSUD Ngimbang tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan kepada
masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan yang ada di RSUD Ngimbang. Manfaat
secara langsung yang akan diterima oleh masyarakat antara lain akan menghemat
waktu yang dibutuhkan serta berbagai macam kemudahan lainnya.
Beberapa
layanan inovasi yang telah diberikan oleh RSUD Ngimbang kepada masyarakat
antara lain :
1. TIPHA
( TITIP PENGAMBILAN HASIL LABORATORIUM)
Salah satu inovasi yang ada di
RSUD Ngimbang adalah TIPHA ( Titip Pengambilan Hasil Laboratorium). Layanan ini diperuntukkan
kepada pasien yang memerlukan pemeriksaan laboratorium dan tidak memiliki waktu
untuk menunggu hasil pemeriksaannya. Sehingga pasien bisa menitipkan sementara
hasil pemeriksaannya kepada petugas laboratorium untuk sementara. Apabila hasil
pemeriksaan laboratorium telah selesai, maka petugas laboratorium akan
menghubungi pasien untuk memberikan informasi apabila hasil pemeriksaan
laboratoriumnya telah selesai dan bisa diambil.
2.
TIPO ( TITIP PENGAMBILAN OBAT)
Inovasi TIPO ( Titip Pengambilan
Obat) tiodak berbeda jauh dengan layanan inovasi TIPHA. Yang membedakan
hanyalah lokasi layanannya, dimana TIPO ini adalah layanan inovasi yang ada di
Instalasi Farmasi / Apotik. Apabila pasien tidak memilik waktu yang cukup untuk
menunggu obat di Instalasi Farmasi, maka pasien bisa menitipkannya kepada
petugas farmasi untuk sementara. Apabila obat yang telah diresepkan telah
selesai diracik oleh petugas farmasi, maka pasien akan dihubungi untuk
memberikan informasi bahwa obat telah selesai dan bisa diambil.
3.
ODO ( OJEK DARAH ONLINE)
ODO ( Ojek Darah Online) adalah
layanan inovasi yang memberikan kemudahan kepada pasien atau keluarga pasien
yang memerlukan transfusi darah layanan berupa pengambilan darah. Dalam hal ini
pihak Rumah Sakit bekerjasama dengan tukang ojek online untuk memberikan
fasilitas kemudahan bagi pasien yang tidak bisa mengambil darah ke Palang Merah
Indonesia ( PMI).
4.
SIPEP ( SISTEM PENDAFTARAN PERTELEPHONE)
SIPEP ( Sistem Pendaftaran
Pertelephone) merupakan layanan inovasi yang disediakan oleh Rumah Sakit untuk
memberikan kemudahan kepada pasien yang akan mendaftar berobat ke RSUD
Ngimbang. Pasien yang akan berobat ke
RSUD Ngimbang bisa mendaftarkan diri dari rumah untuk mendapatkan nomor
antrian. Sehingga pasien tidak perlu datang dan antri ke Rumah Sakit untuk
mendaftarkan diri. Layanan ini bisa
dilakukan dengan cara mudah yaitu cukup telepon ke nomor pendaftaran yang sudah
tersedia. Kemudian petugas pendaftaran akan memverifikasi pendaftaran tersebut.
Bagi pasien yang tidak memiliki banyak waktu tentunya layanan ini akan sangat
bermanfaat.
5.
RITA ( RINCIAN TAGIHAN)
Inovasi RITA ( Rincian Tagihan)
ini diperuntukkan untuk pasien umum yang ingin mengetahui besaran biaya tagihan
perawatan selama dirawat di Rumah Sakit secara realtime dan sewaktu-waktu.
Manfaat daripada layanan ini yaitu agar pasien dapat mempersiapkan pembayaran
jauh-jauh hari sebelum pasien keluar dari Rumah Sakit.
6.
PENDAWA NEMBANG ( PENDAFTARAN ONLINE RAWAT JALAN
RSUD NGIMBANG)
Pendawa nembang adalah layanan
inovasi terkait pendaftaran yang bisa dilakukan secara online oleh pasien.
Layanan ini tidak jauh berbeda dengan layanan inovasi SIPEP. Hanya saja untuk
pendawa nembang ini pendaftaran dilakukan melalui online website pendawa
nembang sendiri. Pasien atau masyarakat yang ingin
berobat ke Rumah Sakit Ngimbang dap[apt mengakses alamat website pendawa
nembang yang telah tersedia sehingga pasien tidak perlu datang dan antri ke
Rumah Sakit untuk mendaftarkan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar