Rabu, 06 November 2019

Generasi Sehat Indonesia Unggul

Perkembangan zaman saat ini sudah semakin maju di seluruh dunia, hal ini bisa kita lihat dengan berkembangnya berbagai macam teknologi terbaru di dalam berbagai macam aspek baik itu gadget, komputer, peralatan elektronik untuk kebutuhan sehari – hari dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya teknologi yang saat ini ada di sekitar kita, semakin mempermudah setiap orang di dalam melakukan berbagai macam aktivitas pekerjaan. Ada banyak alasan kenapa setiap orang perlu mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini terjadi di seluruh dunia khususnya di negara kita sendiri. Berbagai macam aktivitas pekerjaan hampir seluruhnya telah mengandalkan komputer dan jaringan internet agar mempermudah setiap aktivitas pekerjaan setiap orang di dalam melakukan aktivitas bekerja sehari – hari.
Dengan adanya fenomena di atas, maka RSUD Ngimbang Kabupaten Lamongan memandang hal itu sebagai potensi yang harus dikembangkan dalam pelayanan kesehatan yang ada. Adapun peran serta RSUD Ngimbang di era milenial saat ini diwujudkan ke dalam berbagai macam program layanan inovasi. Tujuan dari beberapa program layanan inovasi yang disediakan oleh RSUD Ngimbang tidak lain  adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan yang ada di RSUD Ngimbang. Manfaat secara langsung yang akan diterima oleh masyarakat antara lain akan menghemat waktu yang dibutuhkan serta berbagai macam kemudahan lainnya.
Beberapa layanan inovasi yang telah diberikan oleh RSUD Ngimbang kepada masyarakat antara lain :
1.       TIPHA ( TITIP PENGAMBILAN HASIL LABORATORIUM)
Salah satu inovasi yang ada di RSUD Ngimbang adalah TIPHA ( Titip Pengambilan  Hasil Laboratorium). Layanan ini diperuntukkan kepada pasien yang memerlukan pemeriksaan laboratorium dan tidak memiliki waktu untuk menunggu hasil pemeriksaannya. Sehingga pasien bisa menitipkan sementara hasil pemeriksaannya kepada petugas laboratorium untuk sementara. Apabila hasil pemeriksaan laboratorium telah selesai, maka petugas laboratorium akan menghubungi pasien untuk memberikan informasi apabila hasil pemeriksaan laboratoriumnya telah selesai dan bisa diambil.

2.       TIPO ( TITIP PENGAMBILAN OBAT)
Inovasi TIPO ( Titip Pengambilan Obat) tiodak berbeda jauh dengan layanan inovasi TIPHA. Yang membedakan hanyalah lokasi layanannya, dimana TIPO ini adalah layanan inovasi yang ada di Instalasi Farmasi / Apotik. Apabila pasien tidak memilik waktu yang cukup untuk menunggu obat di Instalasi Farmasi, maka pasien bisa menitipkannya kepada petugas farmasi untuk sementara. Apabila obat yang telah diresepkan telah selesai diracik oleh petugas farmasi, maka pasien akan dihubungi untuk memberikan informasi bahwa obat telah selesai dan bisa diambil.

3.       ODO ( OJEK DARAH ONLINE)
ODO ( Ojek Darah Online) adalah layanan inovasi yang memberikan kemudahan kepada pasien atau keluarga pasien yang memerlukan transfusi darah layanan berupa pengambilan darah. Dalam hal ini pihak Rumah Sakit bekerjasama dengan tukang ojek online untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi pasien yang tidak bisa mengambil darah ke Palang Merah Indonesia ( PMI).


4.       SIPEP ( SISTEM PENDAFTARAN PERTELEPHONE)
SIPEP ( Sistem Pendaftaran Pertelephone) merupakan layanan inovasi yang disediakan oleh Rumah Sakit untuk memberikan kemudahan kepada pasien yang akan mendaftar berobat ke RSUD Ngimbang. Pasien yang akan  berobat ke RSUD Ngimbang bisa mendaftarkan diri dari rumah untuk mendapatkan nomor antrian. Sehingga pasien tidak perlu datang dan antri ke Rumah Sakit untuk mendaftarkan diri. Layanan ini  bisa dilakukan dengan cara mudah yaitu cukup telepon ke nomor pendaftaran yang sudah tersedia. Kemudian petugas pendaftaran akan memverifikasi pendaftaran tersebut. Bagi pasien yang tidak memiliki banyak waktu tentunya layanan ini akan sangat bermanfaat.

5.       RITA ( RINCIAN TAGIHAN)
Inovasi RITA ( Rincian Tagihan) ini diperuntukkan untuk pasien umum yang ingin mengetahui besaran biaya tagihan perawatan selama dirawat di Rumah Sakit secara realtime dan sewaktu-waktu. Manfaat daripada layanan ini yaitu agar pasien dapat mempersiapkan pembayaran jauh-jauh hari sebelum pasien keluar dari Rumah Sakit.

6.       PENDAWA NEMBANG ( PENDAFTARAN ONLINE RAWAT JALAN RSUD NGIMBANG)
Pendawa nembang adalah layanan inovasi terkait pendaftaran yang bisa dilakukan secara online oleh pasien. Layanan ini tidak jauh berbeda dengan layanan inovasi SIPEP. Hanya saja untuk pendawa nembang ini pendaftaran dilakukan melalui online website pendawa nembang sendiri. Pasien atau masyarakat yang ingin berobat ke Rumah Sakit Ngimbang dap[apt mengakses alamat website pendawa nembang yang telah tersedia sehingga pasien tidak perlu datang dan antri ke Rumah Sakit untuk mendaftarkan diri. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar